cara cepat membuat boot FD installer visata / 7

Masukkan DVD Windows Anda dalam drive optik dan catat huruf drive dari drive optik dan media flash disk. Di sini saya gunakan “D” sebagai huruf kode drive DVD dan huruf “H” sebagai huruf drive flash disk.
Final Step 
Kembali ke command prompt dan jalankan perintah berikut; D:CD BOOT lalu tekan [Enter], dimana “D” adalah huruf kode DVD drive.
CD BOOT dan tekan [Enter] lalu perhatikan akan muncul suatu jendela pesan yang kira-kira seperti berikut;


masukkan perintah BOOTSECT.EXE/NT60 H: (dimana “H” adalah huruf kode flash disk drive)flash disk bootable
PreviewFinal Step 


Sekarang Salin isi DVD Windows ke USB.

Dengan selesainya langkah copy diatas, maka proses pembuatan flash disk bootable selesai. Anda sekarang dapat menggunakan flash disk ini sebagai bootable USB pada setiap komputer yang dilengkapi dengan fitur boot from USB (sebagian besar motherboard saat ini mendukung fitur ini).

Cara Cepat Membuat Bootable

Pembahasan:
Inti dari membuat installer windows Vista/7 dalam bootable USB/HDD Ext adalah sebagi berikut;
1. Kita membutuhkan format NTFS, ada dalam USB flash disk kita...klo yg pake HDD Ext,...bisa langsung loncat ke Final Step diatas. Tujuannya untuk membuat installasi berjalan lebih cepat dan file-file yg ada dalam USB flash disk dapat terbaca semua. Yang menjadi masalah adalah USB flash disk belum memiliki format NTFS, dimana setandarnya adalah FAT32. Jadi kita mesti merubahnya ke NTFS
2. Kita membutuhkan applikasi bootsect.exe yg ada dalam dvd installer Vista/7 dan memindahkan kedalam USB Flash Disk, supaya file installer windows vista/7 bisa terbaca dan terinstalasi ke dalam PC/Notebook.
Ikuti langkah berikut, dan perhatikan gambar;
Mengformat File System USB Flash Diks menjadi NTFS

Kita cukup klik kanan pada USB Flash Disk yang akan kita ubah formatnya menjadi NTFS, setelah muncul jendela Format lalu di ganti File Systemnya menjadi NTFS, klik start untuk memulai pemformatan "Perhatikan Gambar". Jika pada windows anda blom tersedia option NTFS pada File System, anda dapat mengConvert USB Flash Disk dengan cara berikut;

Untuk memulai langkah ini, pastikan bahwa USB Flash Disk anda kosong karena bisa menyebabkan data error 
1. Buka jendela Commend Prompt
2. Arahkan Commant Prompt pada USB anda ketik kode yg tampil dalam USB Contoh kode: G:, H:, E:lalu [Enter], Ketik Printah berikutconvert [kode usb]/fs:ntfs, lalu [Enter]
Contoh: convert j:/fs:ntfs , lalu [Enter]
Setelah anda menyelesaikan langkah ini, anda bisa Jump ke Final Step seperti cara lama diatas 

Catatan; panduan ini hanya pada Windows 7 dan Vista, tidak akan bekerja pada komputer windows XP jadi caranya lain lagi. Saya sarankan baca dengan seksama petunjuk diatas sebelum anda mulai membuatnya.


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9738787

Tidak ada komentar:

Posting Komentar